Tuesday, November 3, 2009

Bemisia tabaci (Hemiptera: Aleyrodidae)

Cerita salah satu jenis serangga. Serangga ini merupakan serangga hama, merugikan manusia karena serangga ini menyebarkan virus tanaman geminivirus ke tanaman lain yang sehat. Serangga ini adalah Bemisia tabaci, ordo Hemiptera, famili Aleyrodidae.

Bemisia tabaci merupakan salah satu kutukebul yang menimbulkan masalah serius diberbagai belahan dunia. Serangga ini disebut kutukebul karena bentuknya seperti kutu dan saat disentuh akan 'ngebul' seperti debu. B. tabaci bersifat polifag dengan tanaman inang lebih dari 500 spesies tanaman. Famili tanaman yang umum menjadi inang B. tabaci adalah Fabaceae, Asteraceae, Malvaceae, Solanaceae, dan Euphorbiaceae. B. tabaci merugikan karena aktivitas makan mengambil cairan floem tanaman dan akibat tidak langsung sebagai vektor virus. Peran B. tabaci sebagai vektor virus inilah yang membuat kutukebul ini banyak diteliti dan menimbulkan banyak kerugian. B. tabaci adalah serangga dengan tipe alat mulut menusuk menghisap. Virus tumbuhan yang beredar di dalam floem tanaman akan terambil oleh serangga saat melakukan aktivitas makan.

B. tabaci pertama kali dideskripsikan sebagai hama tembakau di Yunani oleh Gennadius tahun 1889 dan diberi nama Aleyrodes tabaci. B. tabaci mempunyai 19 sinonim hasil identifikasi dari 14 negara pada berbagai tumbuhan inang. B. tabaci diketahui mempunyai karakter morfologi puparium yang bervariasi tergantung pada tumbuhan inang sehingga hal inilah yang menyebabkan B. tabaci mempunyai banyak sinonim.

0 comments:

Post a Comment